Struktur Organisasi Room Service: Layanan Dunia Perhotelan

Room service, sebagai salah satu fasilitas utama di industri perhotelan, memiliki struktur organisasi yang disusun dengan cermat untuk memberikan pelayanan prima kepada para tamu. Dalam melihat struktur organisasi room service, kita dapat menemukan berbagai peran yang saling melengkapi untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Menu Pintu: Keunikan dan Kreativitas di Balik ‘Door Knob Menu’

1. Manajer Room Service

Puncak struktur organisasi room service dipegang oleh Manajer Room Service. Bertanggung jawab atas operasional harian, koordinasi staf, dan pengambilan keputusan strategis, peran manajer ini vital dalam memastikan kelancaran layanan room service.

2. Supervisor atau Koordinator

Di bawah manajer, terdapat supervisor atau koordinator yang bertugas mengawasi kegiatan harian di area room service. Mereka memastikan pesanan tamu diterima dengan baik, memonitor inventaris, dan berkoordinasi dengan staf lainnya.

3. Staf Pemesanan (Order Taker)

Staf pemesanan, atau yang sering disebut order taker, berada di garis depan untuk menerima pesanan tamu. Mereka harus memiliki pengetahuan yang baik tentang menu, kebijakan hotel, dan ketersediaan produk. Kecepatan dan keramahan dalam melayani tamu menjadi kunci kesuksesan peran ini.

4. Staf Pelayan (Server)

Staf pelayan bertanggung jawab untuk menyajikan pesanan ke kamar tamu dengan profesional dan ramah. Mereka harus memastikan bahwa pesanan lengkap, memenuhi permintaan tamu, dan disajikan dengan presentasi yang menarik.

5. Staf Dapur dan Bartender

Dapur dan bartender memiliki peran penting dalam menyediakan makanan dan minuman yang dipesan. Koki bertugas menyiapkan hidangan sesuai standar kualitas, sementara bartender menangani pesanan minuman, baik beralkohol maupun non-alkohol.

6. Staf Kebersihan

Staf kebersihan bertugas membersihkan dan merapihkan area room service setelah tamu selesai makan. Kebersihan yang terjaga adalah faktor kunci untuk memberikan kesan positif terhadap pelayanan room service.

7. Staf Logistik dan Pengiriman

Staf logistik dan pengiriman bertanggung jawab atas pengelolaan persediaan, termasuk pesanan bahan baku, serta proses pengiriman pesanan ke kamar tamu dengan cepat dan akurat.

Struktur organisasi room service di hotel mencerminkan kolaborasi antara berbagai bagian untuk memberikan pelayanan yang unggul. Setiap peran memiliki kontribusi khususnya dalam memastikan bahwa tamu hotel mendapatkan pengalaman room service yang menyenangkan dan memuaskan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kami, anda bisa menghubungi marketing kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top