Lompat ke konten
Beranda » Menjelajahi Peran dan Tugas Front Office Hotel: Wajah Ramah di Balik Layar

Menjelajahi Peran dan Tugas Front Office Hotel: Wajah Ramah di Balik Layar

Menjelajahi Peran dan Tugas Front Office Hotel: Wajah Ramah di Balik Layar – Front office hotel adalah titik pertama interaksi antara tamu dan hotel. Ini adalah “wajah” hotel yang merangkul tamu dengan ramah saat mereka memasuki properti. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagian dan tugas front office hotel serta mengungkapkan mengapa peran ini sangat penting dalam industri perhotelan.

Bagian-bagian Utama Front Office Hotel

  1. Reservasi: Bagian reservasi bertanggung jawab untuk menerima dan mengelola pemesanan kamar hotel. Mereka juga mengurus pembatalan atau perubahan dalam reservasi.
  2. Resepsionis: Resepsionis adalah orang pertama yang ditemui tamu ketika mereka tiba di hotel. Mereka melakukan proses check-in dan check-out, memberikan informasi kepada tamu, dan menjawab pertanyaan atau kebutuhan tamu.
  3. Bell Desk (Layanan Bagasi): Bagian ini membantu tamu dalam membawa bagasi mereka, baik saat check-in maupun check-out. Mereka juga dapat memberikan informasi tentang fasilitas hotel dan daerah sekitarnya.
  4. Concierge: Concierge adalah sumber informasi lengkap tentang daerah sekitarnya. Mereka membantu tamu dalam merencanakan aktivitas, memesan reservasi restoran atau tiket, dan menyediakan layanan khusus sesuai permintaan tamu.
  5. Telepon Operator: Operator telepon mengelola panggilan telepon masuk dan keluar, meneruskan panggilan ke kamar tamu, dan memberikan informasi umum tentang hotel.
  6. Front Desk Manager (Manajer Front Office): Manajer front office adalah pemimpin tim front office hotel. Mereka mengawasi operasi harian, menangani situasi yang kompleks, dan memastikan bahwa staf bekerja sesuai prosedur hotel.

Tugas-tugas Utama Front Office Hotel

  1. Check-in dan Check-out: Front office mengurus proses check-in dan check-out tamu. Ini mencakup verifikasi identitas tamu, memberikan kunci kamar, dan menyelesaikan pembayaran.
  2. Penerimaan Tamu: Menerima tamu dengan ramah, memberikan sambutan hangat, dan memberikan informasi awal tentang fasilitas hotel.
  3. Reservasi: Mengelola pemesanan kamar, mengidentifikasi preferensi tamu, dan memastikan ketersediaan kamar sesuai permintaan.
  4. Pengelolaan Kas: Menangani pembayaran tamu, memproses pembayaran kartu kredit, dan mengelola kas hotel dengan teliti.
  5. Pemberian Informasi: Menyediakan informasi kepada tamu tentang fasilitas hotel, layanan yang tersedia, dan atraksi lokal.
  6. Penanganan Keluhan: Mengatasi keluhan atau masalah yang mungkin timbul selama menginap, dan mencari solusi yang memuaskan tamu.
  7. Keamanan dan Keselamatan: Memastikan keamanan tamu dengan mematuhi kebijakan keamanan dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan.
  8. Koordinasi dengan Departemen Lain: Berkomunikasi dengan departemen lain dalam hotel, seperti housekeeping dan maintenance, untuk memastikan bahwa kamar siap untuk tamu dan mengatasi permintaan khusus.
  9. Administrasi: Melakukan tugas administratif seperti pengisian formulir, penyimpanan dokumen tamu, dan pengecekan inventaris kunci kamar.

Kesimpulan

Front office hotel adalah elemen penting dalam memberikan pengalaman menginap yang positif bagi tamu. Staf front office memiliki tanggung jawab besar dalam menjalankan berbagai tugas yang memerlukan keterampilan komunikasi yang baik, pemahaman tentang operasi hotel, dan kemampuan untuk merespons dengan cepat terhadap kebutuhan tamu. Dengan berperan sebagai “wajah” hotel, mereka membantu menciptakan kesan pertama yang tak terlupakan bagi tamu dan memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman yang memuaskan selama menginap di hotel.

Menjelajahi Peran dan Tugas Front Office Hotel

Baca juga : Menggapai Posisi Front Office Hotel: Panduan Langkah demi Langkah

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kami, anda bisa menghubungi marketing kami di (0812-3299-9470)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *