Housekeeping

Bagi orang yang berkecimpung di dunia pariwisata dan orang yang sering menginap di hotel tentu tidak asing dengan pegawai hotel yang berpenampilan rapi dan santun. Petugas ini disebut sebagai housekeeping, mereka harus selalu bersikap ramah kepada seluruh tamu yang menginap. Housekeeping termasuk dalam departemen operasional suatu hotel maupun apartemen, yang mengurus segala kebutuhan terkait dengan perawatan dan kebersihan. Memelihara kebersihan, keselamatan, dan kelengkapan kamar, menjaga kelestarian lingkungan area hotel merupakan tugas housekeeping. Selain itu, housekeeping memiliki tanggung jawab serta tugas pada divisi-divisi dalam struktur departemen housekeeping, diantaranya yaitu;

Tidak hanya membersihkan kamar, housekeeping memiliki tanggung jawab dan tugas lain secara umum yaitu mengadakan supervisi dan latihan terhadap karyawan, menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan semua departemen housekeeping, memastikan bahwa setiap kamar di hotel dalam keadaan bersih dengan standar tinggi (pengecekan dilakukan setiap hari), memastikan seluruh alat pembersih cukup dan dalam kondisi baik, memberitahu pihak manajemen apabila ditemukan kerusakan atau gangguan, mematuhi standar kesehatan dan keselamatan secara baik.

Housekeeping memiliki pembagian area kerja dalam departemen yang dibagi pada beberapa section dan bertanggung jawab pada area yang berbeda beda, diantaranya yaitu;

  • Public area section

Section ini bertanggung jawab dan memiliki tugas untuk menjaga area kebersihan, kerapian, dan keindahan pada fasilitas umum baik indoor maupun outdoor. Pemeliharaan pada area publik perlu dilakukan karena dilalui oleh banyak orang, jika terlihat kotor maka akan membuat pengunjung tidak nyaman.

  • Room section

Pada room section, housekeeping bertugas untuk memenuhi kebutuhan para tamu pada setiap kamar hotel agar siap dipakai dan dalam keadaan nyaman, bersih, sesuai standar jika nantinya ada tamu baru yang akan menempati.

  • Laundry and linen section

Seksi laundry berperan untuk mencuci-cuci, hotel akan memberikan fasilitas laundry pada tamunya dan seksi ini bertanggung jawab terkait hal tersebut, selain itu bertanggung jawab pada kebersihan peralatan kamar yang perlu dicuci. Sedangkan seksi linen bertanggung jawab untuk mendistribusikan peralatan kain dari laundry ke setiap kamar, mereka harus memastikan setiap kamar telah mendapatkan sprei dan handuk.

  • Gardener and florist

Seksi gardener bertanggung jawab merawat tanaman-tanaman yang ada di hotel untuk menjaga estetika hotel sedangkan seksi florist bertanggung jawab menyediakan dan merangkai bunga-bunga segar untuk dekorasi dan mempercantik hotel.

  • Houseman atau Housemaid

Seksi ini bertanggung jawab pada kebersihan, kerapian, dan pengawasan inventaris hotel yang berada di luar kamar.

Pada implementasinya, masih ditemukan housekeeping yang tidak bertugas dengan maksimal atau tidak memperlihatkan attitude yang baik. Housekeeping dan seluruh pekerjaan yang sifatnya memberikan pelayanan harus memperlihatkan attitude serta mood yang selalu baik. Oleh karena itu, untuk menjadi housekeeping diperlukan pengetahuan, pengalaman, serta pengetahuan yang dipersiapkan sehingga hasil pekerjaan akan optimal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan/training, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top